Warga NTT Dilarang Menjual Kuda


SERGAP NTT -> Semangat mengembalikan NTT sebagai gudang ternak terus digelorakan Wakil Gubernur Provinsi NTT, Ir. Esthon L. Foenay, M.Si. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada Minggu (28/8/11), Esthon Foenay meminta masyarakat NTT untuk terus meningkatkan populasi ternak, khususnya kuda, serta tidak memperdagangkannya keluar dari NTT.
Para pemilik kuda tidak boleh menjual kuda keluar dari NTT. Juallah kepada para pecandu kuda yang ada di NTT,” tegas Esthon Foenay.
Sehubungan dengan itu, orang ke 2 di NTT yang juga politisi Partai Gerindra tersebut menugaskan para kepala dinas serta para pejabat karantina untuk memperketat penjagaan terhadap perdagangan ternak yang sering keluar masuh lewat pelabuhan laut. Maklum larangan Wagub itu terkain terus menurunnya populasi kuda di NTT.
Di NTT, setiap tahun rutin digelar pacuan kuda. Kegiatan ini sering pula diramaikan dengan permainan judi, seperti taruahan kuda pacu, bola guling, catur, kartu dan dadu (orang NTT sering sebut dengan nama Kuru-Kuru).
NTT yang sudah sulit secara ekonomis, jangan lagi dipersulit dengan kebiasaan judi,” pinta Esthon Foenay.
Toh begitu Esthon Foenay merasa gembira. Sebab lomba pacuan kuda tahun 2012, baik di TTU maupun di Kabupaten Belu, Kupang, Rote Ndao dan Ngada semua berjalan sesuai rencana.
“Ini semua menunjukan bahwa para peminat untuk memelihara kuda dan mengikuti lomba pacuan kuda sangat besar di NTT,” imbuhnya.
Menurut Esthon, peristiwa lomba pacuan kuda merupakan satu mata rantai dari upaya dan usaha untuk lebih menghayati dan meningkatkan nilai persaudaraan dan persahabatan, serta meningkatkan prestasi olah raga berkuda bagi joki-joki maupun kuda pacu itu sendiri.

NTT kaya akan potensi. Itu sebabnya orang asing sering sebut NTT ini sebagai tempat yang sangat strategis, seksi dan nyentrik,” paparnya. (by. ferry guru)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s