Sukseskan Program Desa Mandiri


sergapntt.com [MBAY] – Untuk menyukseskan pelaksanaan Program Desa / Kelurahan Mandiri Anggur Merah di Provinsi NTT, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya meminta kepada Pendamping Kelompok Masyarakat (PKM) di Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah, khususnya yang berada di Desa Nggolonio, Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo agar dapat bekerja dengan hati yang iklas dan mampu mendampingi masyarakat secara baik dalam kelembagaan yang dibentuk oleh masyarakat.   
“Saya minta para PKM harus bekerja dengan hati yang iklas, penjelasan-penjelasan yang diberikan pun jangan terlalu rumit yang penting dapat dimengerti oleh masyarakat dan juga mengajarkan kepada masyarakat bagaimana mengelola suatu manajemen dengan baik terutama soal perputaran uang,” pinta Gubernur Lebu Raya saat mengunjungi Desa Nggolonio, Rabu (15/02).
Menurut Gubernur, sudah saatnya rakyat harus diberi kepercayaan untuk merencanakan dan melaksanakan setiap program yang mereka sendiri akan laksanakan di desa.
”Kalau kita mempercayai rakyat dalam pengelolaan uang niscaya akan dapat membantu mereka dalam upaya memberantas kemiskinan di desa,” tegas Gubernur.
Gubernur menjelaskan, salah satu tujuan program Desa / Kelurahan Mandiri Anggur Merah adalah untuk mengurangi angka kemiskinan melalui pengembangan usaha ekonomi produktif sesuai keunggulan suatu desa/kelurahan sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi dan daya saing masyarakat. Untuk itu Gubernur berharap kepada pelaku kelompok masyarakat agar mampu mengelola usahanya secara baik sehingga dana itu dapat berputar dan modal semakin bertambah besar sehingga bisa digulirkan kepada kelompok yang lain. 
      
Sekali lagi Gubernur meminta masyarakat harus mau berusaha dan bekerja keras dalam mengelola dana yang merupakan modal dalam mensejahterakan rakyat.
“Walaupun hidup kita terbatas, kita musti punya semangat dan optimisme untuk mengupayakan kehidupan yang lebih baik bagi anak cucu kita kelak, kita tidak boleh miskin, harus kerja, kerja dan kerja,” tandas Gubernur Lebu Raya, memberi motivasi. 
Di kesempatan yang sama, Gubernur Lebu Raya juga berkesempatan memberikan dana bantuan kepada SDK Kota Nggolonio sebesar Rp. 2.500.000, SMP Kota Nggolonio sebesar Rp. 2.500.000, St Yudas Nggolonio sebesar Rp. 5.000.000, St Yosef Kota Keo sebesar Rp. 5.000.0000 pembangunan Kantor Desa Nggolonio sebesar Rp. 5.000.000.
 Sementara itu Kepala Desa Nggolonio, Mikhael Jenga mengatakan sesuai dengan kesepakatan bersama di tingkat Desa serta aspirasi masyarakat akan dana bantuan program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah dipergunakan untuk kegiatan  ekonomi produktif kelompok/masyrakat dalam bentuk kegiatan Usaha Simpan Pinjam Kelompok Perempuan.
”Jenis dan bidang usaha kelompok masyarakat yang ada di wilayah Desa Nggolonio berjumlah 6 kelompok. Jenis usaha yang dipilih adalah penambahan modal usaha kios, tenun ikat, beternak kecil, usaha tembakau, jual beli hasil kebun, dan usaha berskala kecil lainnya,” jelas Kades Jenga, apa adanya.
By. FEBBY TALLO

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s